Sejarah Linux


Sejarah Linux diawali dari pengembangan sistem operasi yang bernama Unix oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie yang berasal dari AT&T Bell Labs, pada tahun 1968. Karena tujuan Unix adalah sistem operasi yang multi user dan multi tasking, maka Unix ditulis ulang dengan menggunakan bahasa C (sebelumnya menggunakan bahasa B). Hal ini memungkinkan untuk didevelop ke berbagai platform hardware tanpa perlu harus menulis kode yang spesifik. Sehingga develop itu masih bertahan sampai saat ini.

Linus Benedick Trovalds yang lahir di Helsinki, Finlandia pada tanggal 28 Desember 1969 adalah orang yang disebut sebagai Bapak Linux. Ia sudah mengenal bahasa pemrograman pada umurnya yang ke 10. Saat itu Ia sering mengutak-atik komputer kakeknya, Commodore VIC-20. Karena hobinya dalam dunia komputing, 1988 Linus diterima di Univerity of Helsinki dan pada tahun 1990, Linus memulai kelas pemrograman C pertamanya. Pada tahun 1991, Linus tidak puas terhadap sistem operasi yang ada pada PC pertamanya (MS-DOS atau Disk Operation System), OS buatan Microsoft.
Bell melisensikan sistem operasi ini kebeberapa institusi, salah satunya ke departemen Ilmu Komputer Universitas Berkeley California, yang akhirnya menghasilkan beberapa cloning Unix dengan kode BSD (Berkeley Software Distribution).


sumber

Post a Comment