KENAPA END-USER COMPUTING?


End-user computing berkembang karena empat pengaruh utama:
  1. Meningkatnya pengetahuan tentang komputer. Selama awal 1980-an, dampak dari program-program prndidikan komputer di tingkat universitas dan pra-universitas sangat terasa. Berbagai peningkatan manajemen, terutama di tingkat bawah mulai diisi oleh orang-orang yang mengerti komputer. 
  2. Antrian Jasa Informasi. Para spesialis informasi selalu memiliki lebih banyak pekerjaan daripada yang dapat mereka tangani. Situasi ini menjadi kritis selama awal 1980-an saat para pemakai mulai meminta jasa-jasa informasi untuk dukungan sistem tambahan. Unit jasa informasi tidak dapat menanggapi cukup cepat, dan terjadi timbunan pekerjaan yang menunggu diolah komputer. Sebagian pemakai bahkan harus menunggu dua atau tiga tahun agar pekerjaannya dapat melewati timbunan permintaan yang belum dikerjakan.
  3. Perangkat Keras yang Murah. Pada periode yang sama, pasar dibanjiri oleh komputer mikro yang murah. Para pemakai dapat memperoleh perangkat keras mereka sendiri dengan memesan pada toko komputer local melalui telepon dan membayarnya dengan dana kas kecil.
  4. Perangkat Lunak Jadi. Baik perusahaan perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) memproduksi perangkat lunak yang mampu melaksanakan tugas-tugas akuntansi dasar maupun menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
  5. Perangkat lunak jadi ini menawarkan dukungan yang lebih baik dan kemudahanpenggunaan, dan memempukan perusahaan dan pemakai individu dengan sedikit atau tanpa keahlian komputer untuk menerapkan sistem berbasis komputer.

sumber

Post a Comment