Pengertian Sistem Operasi


Sistem Operasi meruapakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perngkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya menggunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologim pada saat ini terdaat berbagai sistem operasi dengan keunggulaan masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi itu sendiri.

Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang teradapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahlan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-sumber komputer. Secara umum komponen sistem komputer terdiri dari :
1. Perangkat Keras, merupakan sumber daya utama untuk proses komputasi. Perangkat keras komputer terditi dari : CPU, memory dan perangkat input.
2. Sistem Operasi, mempunyai tugas untuk melakukan kontrol dan koordinasi penggunaan perangkat keras pada berbagai program aplikasi untuk user-user yang berbeda.
3. Program Aplikasi, menentukan cara sumber daya sistem digunakan untuk menyelesaikan permasalahan komputer dari user, contohnya compiler, sistem basis datam video games, program bisnis, dan lain-lain.
4. User yang menggunakan mesin, terdiri dari orang mesin atau komputer lain.

Sistem operasi didefinisikan sebagai :

Resource allocator

Sistem operasi mengatur dan mengalokasikan sumber daya – sumber daya
sistem computer

Program control

Sistem operasi melakukan control eksekusi dari program user dan operasi input
output.

Kernel

Sistem operasi sering disebut kernel, yaitu suatu program yang berjalan sepanjang waktu (selain program aplikasi).


sumber

Post a Comment