RISIKO END-USER COMPUTING


Manfaat EUC bukannya tanpa biaya. Saat para pemakai mengembangkan sistem mereka sendiri, perusahaan dihadapkan pada sejumlah resiko:

Sistem Yang Buruk Sasarannya

Pemakai akhir mungkin menerapkan komputer untuk penerapan yang seharusnya dilaksanakan dengan cara lain, misalnya secara manual

Sistem Yang Buruk Rancangan Dan Dokumentasinya

Pemakai akhir, walau memiliki pengetahuan yang tinggi tentang komputer, tidak dapat menandingi profesionalisme spesialis informasi dalam hal merancang sistem.Selain itu, dalam ketergesaan untuk menggunakan sistem, pemakai akhir cenderung mengabaikan perlunya mendokumentasikan rancangan mereka supaya sistem itu dapat dipelihara.

Penggunaan Sumberdaya Informasi Yang Tidak Efisien

Saat tidak ada pengendalian terpusat atas perolehan perangkat keras dan perangkat lunak, perusahaan akhirnya dapat memiliki perangkat keras yang tidak kompatibel dan perangkat lunak yang berlebihan.Misalnya berbagai merek komputer pribadi yang dibeli tidak dapat dihubungkan untuk membentuk jaringan, dan beberapa copy perangkat lunak dibeli padahal satu copy dapat digunakan bersama. Selain itu, pemakai akhir mungkin mengembangkan sistem yang telah dikembangkan sebelumnya oleh spesialis informasi atau oleh pemakai akhir lain.

Hilangnya Integritas Data

Pemakai akhir mungkin kurang berhati-hati dalam memasukkan data ke dalam database perusahaan. Pemakai lain mungkin menggunakan data yang salah, namun mengira bahwa data tersebut tepat. Hasilnya adalah output yang tercemar yang dapat menyebabkan manajer membuat keputusan yang keliru.

Hilangnya Keamanan

Dengan cara yang serupa, pemakai akhir mungkin tidak melindungi data dan perangkat lunaknya. Disket dibiarkan tergeletak di meja, hasil cetakan dibuang di keranjang sampah, pintu ruang komputer dibiarkan tidak terkunci, dan seterusnya. Criminal mengakses sistem dan membahayakan perusahaan dengan berbagai cara.

Hilangnya Pengendalian

Para pemakai mengembangkan sistem untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri tanpa menyesuaikan pada suatu rencana yang memastikan dukungan komputer bagi perusahaan.

Karena manfaat potensialnya, perusahaan harus mengembangkan rencana strategis sumber daya informasi yang memungkinkan EUC untuk bertumbuh dan berkembang.Mengenai risiko, jenis pengendalian yang samadengan yang telah bekerja baik pada jasa informasi harus diterapkan pada area pemakai.



sumber

Post a Comment