END-USER COMPUTING SEBAGAI MASALAH STRATEGIS


Kita menyadari kecanderungan menuju end-user computing, walau kecenderungan ini mencerminkan kemajuan alamiah dalam penggunaan komputer dan menciptakan sejumlah manfaat nyata, ini bukan tanpa resiko. Para eksekutif perusahaan harus memberikan perhatian cara pelaksanaan end-user computing, untuk memaksimalkan manfaatnya dan meminimalkan resikonya.

Tingkat-tingkat Kemampuan Pemakai Akhir

Para pemakai akhir dapat dikelompokkan menjadi empat golongan berdasarkan kemampuan komputer mereka:

Pemakai Akhir Tingkat Menu (Menu-Level End Users). Sebagian pemakai akhir tidak mampu menciptakan perangkat lunak mereka sendiri, tetapi dapat berkomunikasi dengan perangkat lunak jadi (prewritten software) dengan menggunakan menu-menu seperti yang ditampilkan oleh perangkat lunak berbasisi Windows dan Mac.

Pemakai Akhir Tingkat Perintah (Command-Level End Users). Sebagian pemakai akhir memiliki kemampuan menggunakan perangkat lunak jadi yang lebih dari sekedar memilih menu. Para pemakai akhir ini dapat menggunakan bahasa perintah dari perangkat lunak untuk melaksanakan operasi aritmatika dan logika pada data. Contohnya, pemakai Microsoft Excel dapat menggunakan perintah-perintah khusus untuk menyelesaikan proses yang tidak mungkin dilakukan melalui penggunaan menu.

Pemakai Akhir Tingkat Perintah (End-Users Programmers). Sebagian pemakai akhir dapat menggunakan bahasa-bahasa pemrograman seperti HTML, Visual Basic, atau JavaScript, dan merekan dapat menggembangkan program-program yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka sendiri.

Personil Pendukung Fungsional (Functional Support Personnel). Di sejumlah perusahaan, para spesialis informasi adalah anggota dari unit-unit fungsional, bukannya unit jasa informasi. Personil pendukung fungsional ini adalah spesialis informasi dalam arti sesengguhnya, tetapi mereka berdedikasi pada area pemakai tertentu dan melapor pada manajer unit bisnis mereka.

Dua unsur penting menjadi cirri mpat tingkatan emampuan pemakai akhir.Pertama, semua tingkat memiliki kemampuan untuk mengembangkan berbagai aplikasi, dan kedua, tidak seorangpun yang merupakan anggota dari organisasi jasa informasi.


sumber

Post a Comment