Pengenalan Dasar Pemrograman #2

Memberikan Harga pada Variabel


Suatu variabel dapat kita artikan sebagai suatu besaran yang dapat berubah-ubah harganya. Cara memberi harga kepada suatu variabel :

Variabel X diberi harga 12.

Harga yang baru dari variabel N adalah harga yang lama dari variabel N ditambah 1. (dengan perkataan lain, harga variabel N bertambah). 

Harga yang baru dari variabel S adalah harga lama T ditambah harga variabel. 

Variabel C diberi harga sebesar harga variabel P dikurangi variabel Q (Dalam hal ini, harga variabel P serta Q harus sudah ada).





Jenis Variabel


1. Variabel bilangan/numerik : hanya dapat diberi harga berupa bilangan nyata.
2. Variabel untai kata atau untai aksara/string.
Dapat diberi harga berupa untai kata serta aksara (latin) yang boleh mengandung di antaranya tanda ! * o ; ? huruf A sampai Z, angka 0 sampai 9 (sebagai simbol saja).
Untuk membedakannya dengan variabel bilangan, nama variabel untai kata biasanya diberi tambahan $ pada aksara terakhir.

Contoh : 

Misalkan N$ merupakan nama variabel untai kata untuk menyatakan nama cottage. Suatu untai kata Mawar2 diberikan sebagai harga variabel N$.


Contoh Kasus





Pengenalan Dasar Pemrograman #1

Pengertian umum Program, Algoritma dan Flowchart


  • Program : sederetan instruksi atau perintah (dalam bahasa yang di mengerti oleh komputer) untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu, sehingga menghasilkan suatu keluaran / output yang diharapkan.
  •  
  • Algoritma : urutan langkah-langkah atau instruksi-instruksi yang harus dilaksanakan untuk memecahkan masalah. 

  • Flowchart : (Diagram alur) adalah urutan instruksi-instruksi program yang digambarkan dalam bentuk suatu diagram. 

  • Bahasa pemrograman : program yang berisikan instruksi-instruksi yang dimengerti oleh komputer. 


Ada 2 klasifikasi dalam Bahasa pemrograman:

Low level language / bahasa tingkat rendah yang berorientasi pada mesin, contohnya: bahasa mesin / machine language dan bahasa rakitan / assembly language.

High level language /bahasa tingkat tinggi adalah bahasa pemrograman yang berorientasi pada manusia. Contohnya : BASIC, PASCAL, COBOL, FORTRAN, C.


FLOWCHART UNTUK PROGRAM KOMPUTER

Ada 2 jenis Flowchart :

1. Flowchart sistem, adalah suatu gambar yang menjelaskan :

  • file-file yang diproses oleh program
  • jenis piranti yang digunakan oleh file 
  • operasi terhadap file (masukan ataupun keluaran)

2. Flowchart program (biasa disebut flowchart saja), adalah suatu gambar yang menjelaskan urutan :

  • Pembacaan data 
  • Pemrosesan data 
  • Pengambilan keputusan terhadap data 
  • Penyajian hasil pemrosesan data

Simbol-simbol pada Flowchart



Dev C++

Tentang

Masih pengembangan...