Cara Mencegah Pelecehan seksual


1. Selalu bersikap waspada. Sikap ini bisa ditunjukkan misalnya:
  • Jika memilih menggunakan taksi sebisa mungkin menggunakan layanan jemput misalnya dari kantor, hotel, pusat perbelajaan dan sebagainya. Dengan layanan ini perusahaan taksi akan mencatat peredaran taksinya, sementara kantor/hotel/atau pusat perbelanjaan juga akan mencatat identitas taksi
  • Tulis identitas taksi meliputi nama taksi, pengemudi, no identitas dan no pintu dan segera kirim pada orang terdekat.
  • Segera telpon orang terdekat dan informasikan identitas
  • Jika memilih bus atau angkot umum segera turun jika merasa ada hal yang aneh dan mencurigakan
  • Jika memilih ojek dan memungkinkan, pilihlah yang anda kenal atau ojek langganan. Jangan lupa minta no hp jika ada, juga catat no kendaraan
2. Membekali diri dengan keterampilan bela diri bisa menjadi cara untuk menangkis perkosaan

3. Melakukan perlawanan, seperti berteriak, memukul, menendang, lari dan lain-lain.

4. Ketika sedang berjalan di tempat umum, usahakan untuk tidak berjalan sendirian, ajak teman untuk bisa jalan bersama-sama. Kalau terpaksa harus berjalan sendiri, tunjukkan rasa percaya diri, tegakkan kepala dan selalu perhatikan keadaan di sekitar.

5. Jangan pernah menerima ajakan orang yang tidak dikenal untuk menumpang kendaraannya. Karena ini sama saja mengundang orang lain untuk melakukan hal-hal yang merugikan kita.

6. Selalu siap sedia membawa 'senjata'. Misalnya, parfume, alarm, atau gunting kuku yang bisa membantu Anda melawan si pelaku. Ini bisa memberikan kesempatan untuk Anda melarikan diri, karena alat-alat tersebut bisa memberikan Anda waktu sekitar 3-15 menit untuk melarikan diri dari si pelaku pelecehan seksual.

7. Gunakan pakaian dan aksesoris yang sopan dan wajar.




Post a Comment