Pengertian Ideologi


Ideologi adalah kumpulan ide atau gagasan. Kata Ideologi sendiri diciptakan oleh Destutt de Tracy pada akhir abad ke-18 untuk mendefinisikan "sains tentang ideas". Pengertian Ideologi dapat dianggap sebagai visi yang luas, sebagai cara memandang segala sesuatu. Pengertian Ideologi adalah sistem pemikiran abstrak (tidak hanya sekadar pembentukan ide) yang diterapkan pada masalah publik sehingga membuat konsep ini menjadi intisari politik. Secara umum, Pengertian Ideologi diartikan sebagai suatu kumpulan gagasan, ide-ide dasar, keyakinan serta kepercayaan yang bersifat sistematis yang memberikan arah dan tujuan yang hendak dicapai dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara.

Sebagai contoh jika Anda melihat seseorang yang suka menonton bola, mereka meninggalkan segala aktivitasnya hanya untuk menonton bola setiap kali ada pertandingan sepak bola, kapanpun waktunya dia selalu berusaha agar dapat menonton pertandingan tersebut. Contoh lainnya, seseorang yang suka merokok atau bahkan pecandu rokok, kemanapun dan dimanapun pasti kalian melihat orang tersebut tidak pernah lepas dari merokok bahkan ada yang berucap lebih baik tidak makan asalkan masih merokok. Maka secara tidak langsung sepak bola dan rokok itu sudah menjadi Ideologinya.

Syekh Taqiyyudin An-Nabhany dalam Hujayyana, Erniza Rina (2009) mendefinisikan Ideologi sebagai aqidah aqliyah (akidah yang lahir dari sebuah proses berpikir secara rasional) yang melahirkan peraturan.



Post a Comment