Masalah Teknologi Pendidikan Saat Ini

Masalah Teknologi Pendidikan Saat Ini
Penemuan macam-macam alat dan mesin mempengaruhi dan mengubah cara hidup, norma-norma, dan cara berpikir dan cara kerja. Alat-alat teknologi itu juga mempengaruhi pendidikan, antara lain metode penyampaian dan juga cara penilaian. Alat-alat teknologi tersebut diciptakan khusus sebagai alat pengajaran.

Dengan adanya alat pendidikan yang serba lengkap belum tentu juga menjamin pemanfaatannya dalam pendidikan. Sering terjadi gab antara “hard ware” dan “soft ware”. Banyaknya ragam alat pendidikan juga menimbulkan kesulitan untuk memilih alat yang mana yang serasi untuk bahan pelajaran tertentu. Untuk memanfaatkan alat teknologi pendidikan diperlukan keterampilan dari pihak guru serta sikap positif terhadap perkembangan alat teknologi pendidikan.

Teknologi pendidikan mengajak guru untuk bersikap problematis terhadap proses mengajar-belajar dan memandang tiap metode mengajar sebagai hipotesis yang harus diuji efektivitasnya. Dengan demikian teknologi pendidikan mendorong profesi keguruan untuk berkembang menjadi suatu “science”. Namun, pekerjaan guru akan selalu mengandung aspek ”seni”.*

Teknologi pendidikan untuk tujuan pendidikan hendaknya tidak dipandang sebagai gejala negatif. Di kalangan masyarakat sering timbul adanya kecurigaan, bahkan ada yang berpendapat bahwa teknologi komunikasi merupakan penyebab merosotnya kebudayaan dan kepribadian bangsa. Seharusnya kita menonjolkan hal-hal positif dan menjauhkan citra negatif. Hal-hal ini menuntut kajian tertentu, sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan anak didik. Materi yang disajikan, media yang digunakan, prosedur dan organisasi harus merupakan bagian integral di bawah kontrol khusus guru-guru atau para penyelenggara pendidikan.



*Op.cit., hlm. 13

Post a Comment