Pengaruh Konsentrasi Substrat terhadap Aktivitas Enzim

Tujuan
Mengetahui dan memahami pengaruh konsentrasi substrat terhadap aktivitas enzim katalase
Alat dan Bahan
1.    Tabung reaksi dan rak tabung reaksi
2.    Mistar
3.    Pipet ukur 10 ml dengan penyedotnya
4.    Pena marker atau label
5.    Skalpel atau cutter
6.    Akuades
7.    Hati sapi (segar)
8.    Hidrogen peroksida (H2O2)
Cara Kerja
1.    Siapkan lima tabung reaksi yang diberi label 1 sampai 5.
2.    Ambil hydrogen peroksida dan akuades ke dalam tabung reaksi dengan volume sebagai berikut.
Tabung reaksi
Volume (ml)
H2O2
Akuades
1
0
10
2
2.5
7.5
3
5
5
4
7.5
2.5
5
10
0

3.    Aduk larutan pada tiap-tiap tabung reaksi.
4.    Sementara ada beberapa praktikan yang menyiapkan tabung reaksi, praktikan yang lain menyiapkan 5 potong hati sapi berbentuk balok dengan panjang 2 cm, lebar 0.5 cm dan tinggi 0.5 cm.
5.    Masukkan masing-masing potongan hati sapi ke dalam tabung reaksi. Tandai ketinggian awal permukaan larutan dengan pena marker.
6.    Setelah 5 menit, ukur ketinggian gelembung oksigen yang berbentuk di dalam tabung rekasi. Jika gelembung oksigen pada salah satu tabung reaksi sudah mencapai salah satu mulut tabung sebelum 3 menit, ukur ketinggian gelembung pada semua tabung reaksi. (ketinggian gelembung oksigen diukur mulai dari batas awal tanda marker sampai batas teratas gelembung oksigen)
7.    Catat data yang kamu peroleh dalam bentuk tabel.
8.    Buatlah suatu grafik sebagai hubungan aktivitas enzim menggunakan ketinggian gelembung oksigen dengan konsentrasi hydrogen peroksida.




Data Hasil Praktikum
Tabung reaksi
Tidak adanya gelembung
Ukuran gelembung
Waktu
Warna
1
Tidak ada
-
-
*
2
Ada
++
2’16’’
***
3
Ada
+
27’’
*****
4
Ada
+
42’’
****
5
Ada
++
1’01’’
**

* = tingkat kepucatan
+ = besar gelembung
Grafik Hubungan Konsentrasi Substrat terhadap Aktivitas Enzim

Jawaban Pertanyaan
1.    Hati sebagai katalase
2.    Hidrogen peroksida
3.    Pada tabung 1 tidak terjadi reaksi apapun. Tidak muncul gelembung dan keadaan hati tetap segar. Karena pada reaksi tersebut katalase yang terdapat pada hati tidak bereaksi dengan air (H2O), enzim katalase dalam metabolisme bertugas merombak hydrogen peroksida yang bersifat racun yang merupakan sisa atau hasil sampingan dari metabolisme dalam tubuh. Enzim katalase dengan substratnya hidrogrn peroksida akan menghasilkan air (H2O) dan oksigen (O2).
4.    Kalau dilihat dari hasil pada tabel, dapat dilihat bahwa pada tabung 3 hati terlihat lebih pucat dari pada hati yang ada ditabung lain. Karena pada tabung 3 reaksi berlangsung secara optimal. Konsentrasi larutan pada nomor 3 lebih besar dibandingkan konsentrasi pada larutan nomor 1, 2, 4 dan 5

5.    Semakin tinggi konsentrasi substrat maka kerja enzim semakin cepat,dan jika jumlah konsentrasi substrat dan enzim sama maka akan menghasilkan kecepatan yang ideal.