Materi Pengenalan Internet & Jejaring Sosial


            Internet adalah jaringan komunikasi global yang terdiri dari komputer yang saling terhubung satu sama lain dan berfungsi untuk mengirimkan data dengan sistem berbasis protokol internet. Internet juga tempat untuk mencari informasi apa saja, secara cepat, mudah dan dengan harga terjangkau. Seperti sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi, hiburan, bisnis bahkan agama. Selain itu juga menawarkan gaya hidup yang simple dan instan.

Dalam perkembangannya, penggunaan internet mengalami peningkatan tiap tahunnya. Internet yang dulunya hanya digunakan di Amerika saja, sekarang sudah menyebar luas keseluruh dunia. Salah satunya di Indonesia. Tapi kalian tahu gak? Selain internet memberikan manfaat yang banyak kepada manusia, dilain sisi internet juga memiliki dampak negative lho. Tapi Sebelumnya aku punya pertanyaan buat kalian.

1. Apa yang teman-temanmu lakukan ketika berinternet?
(Pertanyaan ini untuk mengalihkan perhatian audien dari pikiran 'Anda ingin
menginterogasinya'. Ini juga terdengar seperti pertanyaan biasa dan natural. Dalam taraf ini
Anda akan mendengar jawaban untuk main game, chatting, dan Facebook-an.)

2. Situs apa yang baru atau yang sedang ngetren?
(Tanya kenapa memilih situs tersebut dan juga situs apa yang sudah tidak
populer lagi dan kenapa.)

3. Apa saja situs favoritmu?
(Nah, di sinilah Anda mulai masuk ke dunia online audien. Mulai dari pertanyaan yang biasa
dan tidak menggurui. Biarkan audien menjawab, namun jangan lupa tanyakan kenapa dia
memilih situs tersebut.)

4. Apakah pernah menemukan kejahatan di internet?
(Audien  mungkin tidak mengerti artinya, namun setidaknya mereka tahu contoh-contoh
yang telah terjadi. Ceritakan tentang berita kejahatan internet yang Anda ketahui, seperti
email dan foto yang tidak senonoh, pencurian data pribadi, account palsu di Facebook dan
lainnya. Tanyakan apakah audien juga mengetahuinya. Intinya, pastikan audien mengerti
apa, jenis dan dampak dari kejahatan internet. Hal ini ampuh untuk membuat mereka
waspada dan bakal berpikir ribuan kali agar tidak terjerumus.)

5. Pernah melihat hal yang membuat tidak nyaman ketika sedang online?
(Ini tahap dimana untuk membuat diskusi lebih lanjut tentang kejahatan internet. Seperti
membahas kejadian peredaran foto porno dan situs yang berisi konten rasis. Ini bertujuan
untuk mendapatkan kepercayaan mereka, sehingga jika sesuatu terjadi di internet mereka
bisa cerita  dan tidak merasa segan.)

            Nah, dari yang kita bicarakan tadi sudah tahu donk dampak negative internet. Namun sebenarnya semua dampak negative tersebut bukan karena internetnya. Internetnya gak salah, melainkan brainwarenya. Maksudanya user/ pemakai internet tersebut. Jika internet dipakai digunakan dengan baik, tentu dampak negative itu berkurang atau malah tidak ada.

            Berikutnya saya akan mengulas masalah jering social. (tolong dengarkan baik-baik)

Arus perkembangan teknologi bagaimanapun tidak mungkin dibendung. Kita tidak mungkin mengurung anak di rumah dengan menyediakan berbagai fasilitas. Adalah salah jika melarang anak untuk berkenalan dengan teknologi internet, karena bagaimanapun anak butuh bergaul dengan dunia luar melalui teknologi. Situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter adalah produk-produk teknologi yang kini sedang digemari banyak kalangan, termasuk anak-anak dan remaja. Dengan layanan ini, kita dapat berkomunikasi dengan teman lama, memperluas jaringan pertemanan, ataupun sekadar mengetahui keadaan / status teman atau kerabat.

EFEK POSITIF JEJARING SOSIAL
  1. Anak dan remaja dapat belajar mengembangkan keterampilan teknis dan sosial yang sangat dibutuhkan di era digital seperti sekarang ini. Mereka akan belajar bagaimana cara beradaptasi, bersosialisasi dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan. 
  2. Memperluas jaringan pertemanan. Berkat situs jejaring sosial, anak menjadi lebih mudah berteman dengan orang lain di seluruh dunia, meski sebagian besar di antaranya tidak pernah mereka temui secara langsung.
  3. Anak dan remaja akan termotivasi untuk belajar mengembangkan diri mel~lui teman-teman yang merekajumpai secara online, karena di sini mereka beririteraksi dan menerima umpan balik satu sarna lain.
  4. Situs jejaring sosial membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian dan empati. Misalnya memberikan perhatian saat ada teman mereka yang berulang tahun, mengomentari foto, video dan status teman mereka, menjaga hubungan persahabatan meski tidak dapat bertemu secarafisik.
EFEK NEGATIF JEJARING SOSIAL
  1. Anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat pemahaman bahasa pun menjadi terganggu. Jika anak terlalu banyak berkomunikasi di dunia maya, maka pengetahuan tentang seluk-beluk berkomunikasi di kehidupan nyata, seperti bahasa tubuh dan nada suara, menjadi berkurang.
  2. Situs jejaring sosial akan membuat anak dan remaja lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan di sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat mengakibatkan anak menjadi kurang berempati di dunia nyata.
  3. Bagi anak dan remaja, tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di situs jejaring sosial. Hal ini akan membuat mereka semakin sulit untuk membedakan antara berkomunikasi di situs jejaring social dan di dunia nyata. Hal ini tentunya akan mempengaruhi keterampilan menulis mereka di sekolah dalam hal ejaan dan tata bahasa.
  4. Situs jejaring sosial adalah lahan subur bagi predator untuk melakukan kejahatan. Kita tidak akan pernah tahu apakah seseorang yang baru dikenal anak kita di internet, menggunakan jati diri yang sesungguhnya.

Cukup sekian yang dapat saya sampaikan, terimakasih…