Pengertian Menulis

Secara Umum Menulis dapat di artikan sebagai kemampuan seseorang dalam mengemukakan gagasan-pikirannya kepada orang atau pihak lain dengan media tulisan.

Dalam kamus besar Bahasa indonesia Pengertian Menulis di artikan sebagai cara menulis adalah membuat huruf (angka dan sebagainya) dengan pena (pensil, kapur, dan sebagainya), anak-anak sedang belajar, melahirkan pikiran atau perasaan (seperti mengarang atau, membuat surat)

Menulis Menurut Menurut (Angelo, 1980:5) 

Menulis merupakan suatu bentuk berpikir, tetapi justru berpikir bagi membaca tertentu dan bagi waktu tertentu. Salah satu tugas terpenting sang penulis adalah menguasai prinsip-prinsip menulis dan berpikir, yang akan dapat menolongnya mencapai maksud dan tujuannya. Yang paling penting di antara prinsip yang dimaksudkan itu adalah penemuan, susunan,dan gaya. Secara singkat belajar menulis adalah belajar berfikir dengan cara tertentu.

Menulis Menurut Henry Guntur Tarigan (1986: 15)

Sebagai kegiatan menuangkan ide/gagasan dengan menggunakan bahasa tulis sebagai media penyampai.

Menulis Menurut Gebhardt dan Dawn Rodrigues (1989: 1) 

Menulis merupakan salah satu hal paling penting yang kamu lakukan di sekolah. Kemampuan menulis yang baik memegang peranan yang penting dalam kesuksesan, baik itu menulis laporan, proposal atau tugas di sekolah

Menulis Menurut McCrimmon dalam St. Y. Slamet (2008: 141)

Menulis sebagai kegiatan menggali pikiran dan perasaan mengenai suatu subjek, memilih hal-hal yang akan ditulis, menentukan cara menuliskannya sehingga pembaca dapat memahaminya dengan mudah dan jelas.




Post a Comment