Jenis-jenis Game


Sports
Game yang biasanya membutuhkan arena yang luas. Permainan ini biasanya membutuhkan pemain yang banyak, contohnya seperti Sepak Bola, Baseball, Basket, atau American Football (Rugby). Tetapi ada juga beberapa yang membutuhkan sedikit pemain, Contohnya seperti Tenis, Bulu Tangkis, atau Catur.

Board Game
Permainan ini biasanya membutuhkan sebuah dice, papan permainan, resource, status pemain, dan langkah pemain yang menggunakan sebuah token yang dimana mereka harus mengocok dadu tersebut untuk bermain. Contohnya seperti Monopoly dan Ular Tangga.

Guessing Game
Permainan tebakan, yang dimana permainan ini membutuhkan pengetahuan atau pengalaman yang lebih agar dapat menjawab pertanyaan tersebut lebih baik lagi.


Video Game
Video Game adalah permainan dimana pemain menggunakan sebuah Platform besar seperti Komputer, Game Konsole (Playstation, Xbox, Wii, Nintendo, dll), atau Mesin Arcade. Video Game mempunyai genre dan rating tersendiri, berikut adalah berbagai macam genre Video Game:

  1. Racing: Genre ini dimana pemain memainkan sebuah mobil atau kendaraan virtual untuk balapan dengan pemain lain atau bisa juga melawan AI (pemain virtual yang biasanya disebut CPU), permainan ini bertujuan kendaraan siapakah yang terbaik dalam balapan atau juga pengendara mana yang mahir dalam mengendalikan kendaraan tersebut. Contohnya: Need For Speed, Moto GP, atau Kart Racing.
  2. Shooting: Video Game jenis ini sangat memerlukan kecepatan refleks, koordinasi mata-tangan, juga timing, inti dari game jenis ini adalah menembak musuh atau target yang sudah di tentukan. Banyak orang menyebut game shooting ini dengan sebutan FPS (First Person Shooting). Contohnya: Counter Strike, Call of Duty, atau Battlefield.
  3. Fighting: Game jenis ini biasanya banyak digemari para lelaki, yang dimana pemain memilih sebuah karakter yang mempunyai kemampuan tersendiri untuk bertarung melawan musuh atau pemain lain. Game ini diperlukan refleks untuk membaca serangan musuh dan kecepatan tangan untuk melakukan combo atau kemampuan tersembunyi yang dimiliki Karakter tersebut. Contohnya: Street Fighter, Mortal Combat, Tekken, dan masih banyak lagi.
  4. Adventure: Video Game ini menekankan pemain pada jalan cerita dan kemampuan berpikir pemain dalam menganalisa tempat secara visual, memecahkan teka-teki maupun menyimpulkan rangkaian peristiwa dan percakapan karakter hingga penggunaan benda-benda tepat pada tempat yang tepat. Contohnya: Devil May Cry, Resident Evil, Grand Thief Auto (GTA).
  5. Simulation: Video Game jenis ini seringkali menggambarkan dunia di dalamnya sedekat mungkin dengan dunia nyata dan memperhatikan dengan detil berbagai faktor. Dari mencari jodoh dan pekerjaan, membangun rumah, gedung hingga kota, mengatur pajak dan dana kota hingga keputusan memecat atau menambah karyawan. Dunia kehidupan rumah tangga sampai bisnis membangun konglomerasi, dari jualan limun pinggir jalan hingga membangun laboratorium cloning. Video Game jenis ini membuat pemain harus berpikir untuk mendirikan, membangun dan mengatasi masalah dengan menggunakan dana yang terbatas. Contohnya: The Sims, Roller Coaster Tycoon, Sim City, atau Game Dating yang banyak beredar di Jepang.
  6. RPG (Role Playing Game): Video Game jenis ini memang sedikit sama seperti Adventure dimana game ini menekankan pemain pada jalan cerita dan kemampuan berpikir pemain, namun RPG ini area permainan lebih luas dan pemain diharuskan mengexplore sebuah map untuk mencari barang atau quest tertentu. RPG ini pemain harus memainkan role karakter yang sudah di tentukan, atau bisa juga membuat sebuah karakter sendiri. Karakter tersebut dapat berubah dan berkembang ke arah yang diinginkan pemain, dalam berbagai parameter yang biasanya ditentukan dengan naiknya level, baik dari status kepintaran, kecepatan dan kekuatan karakter, senjata yang semakin kuat, atau jumlah teman bahkan bisa juga peliharaan. Contohnya: Final Fantasy, Fable, The Elder Scroll.
Online Game
Online Game adalah jenis permainan yang dimainkan secara online melalui koneksi Internet, bisa jadi berupa Video Games atau juga virtual Board Game. Game Online jaman sekarang banyak sekali yang berbau MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game), walaupun genrenya tidak hanya RPG saja. Biasanya MMORPG ini pemain di tekankan untuk membuat sebuah karakter dan dapat merubah karakter tersebut menjadi kuat dengan cara leveling, mengatur status dan skill dari karakter tersebut, atau juga bisa membuat karakter terlihat keren. Dilihat dari namanya MMO, dimana pemain ini tidak sendirian atau berdua saja, tetapi banyak pemain dari seluruh dunia yang bermain bersama di Game tersebut. Istilahnya seperti dunia virtual yang dimana bisa mengobrol, berkelahi, atau juga bekerja sama.




sumber
gambar

Post a Comment