Apa itu Infrared?

infrared pada headryer

Sejarah Infra Merah

Penemuan infra merah ditemukan pertama kali oleh William Herschel pada tahun 1800. Penelitian selanjutnya diteruskan oleh Young, Beer, Lambert dan Julius melakukan berbagai penelitian dengan menggunakan spektroskopi inframerah. Pada tahun 1892 Julius menemukan dan membuktikan adanya hubungan antara struktur molekul dengan inframerah dengan ditemukannya gugus metil dalam suatu molekul akan memberikan serapan karakteristik yang tidak dipengaruhi oleh susunan molekulnya. Penyerapan gelombang elektromagnetik dapat menyebabkan terjadinya eksitasi tingkat-tingkat energi dalam molekul. Dapat berupa eksitasi elektronik, vibrasi, atau rotasi.

Pengertian Infra Merah

Transmisi infra merah menggunakan radiasi elektromagnetik. Transmisi infra merah juga mensyaratkan line of sight (garis pandang). Teknik ini biasanya digunakan untuk wireless LAN dan remote control pada peralatan elektronis.

Perangkat pengirim data menggunakan diode infra merah dengan panjang gelombang 850 – 900 mm yang memancarkan cahaya dengan sudut 30 derajat. Interface IrDA mengirim pulsa cahaya setiap 2 detik (untuk menandai aktivitas pengiriman).Digunakan untuk aplikasi transfer data jarak dekat (jangkauan sekitar 1 m), khususnya antar PDA, ponsel dengan desktop computer atau notebook atau
printer.Kecepatan transfer data 115,2 Kbps. Pengembangan lebih lanjut dengan Fast Infrared Standard (FIR) memungkinkan arus data sebesar 4 Mbps atau dengan Very Fast Infrared Standard (VFIR) kecepatannya mencapai 6 Mbps.

Kelemahannya adalah Jangkauannya pendek, tingkat gangguan tinggi (sensitif terhadap cahaya dan pantulan) dan tidak ada transfer bahasa.



Post a Comment