Fungsi Keyboard


Fungsi keyboard di sini memang penting sekali. Jika sebuah computer tidak memiliki keyboard maka tentu sebagian aplikasi atau softwere computer tidak dapat berfungsi dengan baik atau bahkan tidak dapat digunakan.

Komponen Keyboard Beserta Fungsinya
  • Dalam penjelasan tentang fungsi keyboard di atas, tentu tombol-tombolyang ada pada keyboard tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut iniakan dijelaskan tentangfungsi keyboard berdasarkan fungsi tombolnya yaitu :
  • Fungsi keyboard berdasarkan tombol ketik yaitu dapat dipakai untukkebutuhan mengetik atau meng-input data ke dalam suatu dokumen yangkemudian ditampilkan pada monitor komputer. Tombol ketik tersebutberupa tombol dengan huruf atau angka yang tersusun pada keyboard.
  • Fungsi keyboard berdasarkan tombol kontrol yaitu salah satunya dapatmenghasilkan suatu perintah tertentu jika digabungkan dengan tombolyang lainnya. Seperti misalkan jika tombol kontrol (Ctrl) ditekan bersama6sama dengan tombol B maka ini merupakan perintah untuk menebalkansuatu huruf atau angka.
  • Fungsi keyboard berdasarkan tombol fungsi yaitu biasanya menyesuaikandengan aplikasi atau softwere yang sedang dijalankan seperti misalkantombol F1 jika di tekan maka akan memunculkan menu bantuan (Help)sesuai dengan softwere yang dijalankan. Tombol fungsi ini terdiri dari F1sampai F12 yang tersusun secara berderet.
  • Fungsi keyboard berdasarkan Tombol alternate yaitu seperti tombol Enterberfungsi untuk memulai kembali suatu paragraf baru saat mengetik atauuntuk memilih suatu perintah tertentu yang muncul pada aplikasi yangdijalankan pada komputer. Tombol Esc berguna untuk meng-cancel suatudialog tertentu. Tombol Tab berfungsi untuk pemindahan suatu teks.
  • Fungsi keyboard berdasarkan tombol navigasi seperti tombol Page Down yang berfungsi untuk men-scrool layar ke bawah. Tombol Page Up untuk men-scrool layar ke atas. Tombol End berguna untuk pemindahan letak kursor ke bagian akhir baris. Tombol Left berfungsi untuk pemindahan kekiri dengan melangkahi 1 karakter. Tombol Tombol Right berguna untuk pemindahan kursor ke kanan dengan melangkahi 1 karakter. Dan lain sebagainya.


Post a Comment