Versi-versi Windows XP


Windows XP tersedia dalam berbagai macam edisi. Edisi yang paling umum dari sistem operasi Windows XP adalah Windows XP Home Edition, yang ditargetkan untuk pengguna rumahan, dan juga Windows XP Professional, yang menawarkan fitur-fitur tambahan seperti dukungan untuk domain Windows Server dan dua prosesor fisik, dan ditargetkan di pasar power user, bisnis dan perusahaan klien. Sementara itu, Windows XP Media Center Edition memiliki fitur multimedia tambahan yang menawarkan kemampuan untuk merekam dan menonton acara TV, melihat film DVD, dan mendengarkan musik. Ada lagi Windows XP Tablet PC Edition didesain khusus untuk platform PC Tablet, yakni sebuah komputer pribadi yang menggunakan stylus.

Windows XP akhirnya dirilis untuk dua arsitektur tambahan selain tentunya Intel i386, yang disebut dengan Windows XP 64-bit Edition untuk prosesor berarsitektur IA-64 (Itanium) dan Windows XP Professional x64 Edition untuk prosesor berarsitektur x86-64. Ada juga Windows XP Embedded, sebuah versi Windows XP Professional yang dikurangi segala fiturnya di sana sini untuk pasar tertentu, dan Windows XP Starter Edition yang dijual di beberapa negara berkembang. Pada pertengahan 2009, sebuah pabrik pertama mengungkapkan bahwa mereka memiliki sebuah telepon selular berbasis sistem operasi Windows XP.

Windows XP muncul dalam banyak jenis:
  1. Windows XP Professional
  2. Windows XP Home Edition
  3. Windows XP Media Center Edition
  4. Windows XP Tablet PC Edition
  5. Windows XP Starter Edition
  6. Windows XP Professional x64 Edition
  7. Windows XP Professional 64-Bit Edition for Itanium
1. Windows XP Professional

Windows XP Professional adalah Sistem Operasi Windows XP yang dibuat khusus untuk komputer yang terhubung kedalam sebuah jaringan dengan domain yang dikelola oleh Active Directory milik Windows Server 2000 atau WIndows Server 2003. Fitur pada Windows XP Professional ini dinilai lebih lengkap dari Windows XP Home Edition. Windows XP Professional ini snediri dapat menjadi komputer server walau hanya menampung kurang lebih 10 client yang login secara bersama – sama

2. Windows XP Home Edition

Winsows XP Home Edition adalah Windows XP yang ditujukan untuk kalangan rumahan. Pada dasarnya, tidak ada perbedaan yang mencolok antara Windows XP Home Edition dengan Windows XP Professional . Yang membedakan hanya ada pada fitur jaringan. Dimana WIndows XP Home Edition ini tidak di design untuk banyak pengguna, seperti komputer yang berada dalam suatu jaringan komputer. Windows XP Home Edition ini juga ditujukan untuk menggantikan yang sebelumnya yaitu Windows 98 dan Windows ME ayng jgua merupakan Sistem Operasi Windows XP untuk kalangan rumahan.

3. Windows XP Media Center Edition

Windows XP Media Center Edition adalah versi Windows XP yang dibuat khusus untuk perangkat semacam Hi-Fi, dan PC yang diletakkan di ruang duduk. Pada dasarnya, Windows XP Media Center merupakan Windows XP Home Edition yang ditambahi dukungan sebagai perekam video pribadi atau yang biasa disebut personal video recorder.

4. Windows XP Tablet PC Edition

Windows XP Tablet Edition ini di buat untuk PC yang ultra-portabel , yang disebut oleh Microsoft degnan sebutan Tablet PC. Dilihat dari segi bentuk, bentuk Tablet PC ini sangat minimalis sperti PDA(Personal Digital Assistant) namun kemampuannya dapat setara dengan laptop ataupun notebook..

5. Windows XP Starter Edition

Ini merupakan Window XP home Edition yang diterjemahkan kedalam bahasa lokal masing-masing. dengan menggunakan LIP atau Language Interface Pack. Menurut sumber yang ada Windows Xp Starter Edition dibuat oleh Microsoft untuk memerangi Linux.

6. Windows XP Professional x 64 Edition

Merupakan versi Windows Xp yang di khususkan untuk prosessor dengan arsitektur x86-64. Prosessor yang menggunakan arsitektur yang seperti itu terbatas hanya pada AMD dengan arsitektur 64 seperti AMD Athlon 64 dan AMD Opteron. Sedangkan dari Intel ada Intel Pentium 4 dengan Extended Memory 64-bit technologi

7. Windows XP Professional 64-bit Edition for Itanium

merupakan versi yang sangat terbatas sekali dilihat dari segi penjualannya. Akan tetapi, produk ini mendukung teknologi mikroprosessor yang sangat bagus, yaitu Intel Itanium dan Intel Itanium 2. Bedanya dari Windows XP Professional x64 Edition adalah dukungannya terhadap prosessor itanium Windows XP Professional 64-bit Edition telah dihentikan proses produksinya setelah Hewlett-Packard , yaitu pendiri produk HP dan satu-satunya produsen yang menawarkan workstation dengan prosesor Itanium, menghentikan penjualan workstation miliknya.




sumber
gambar

Post a Comment