Sejarah Windows XP


Windows XP sebelumnya dikenal dengan kode sandi “Whistler”, yang mulai dikembangkan oleh para pengembang Microsoft pada pertengahan tahun 2000-an. Bersamaan dengan proyek ini, Microsoft juga tengah menggarap proyek Windows generasi baru penerus Windows Me (Millennium Edition) yang dinamakan dengan kode sandi “Windows Neptune” yang diproyeksikan sebagai “Windows NT versi rumahan”.

Setelah Windows ME dianggap kurang sukses menyaingi kesuksesan Windows 98, Microsoft pun akhirnya memutuskan untuk mengawinkan dua buah sistem operasi Windows tersebut (sistem operasi berbasis Windows NT dan sistem operasi berbasis Windows 9x) ke dalam sebuah produk. Itulah yang kita kenal sekarang dengan Windows XP.

Windows xp atau Windows 5.1 Build 2600 adalah sebuah versi system operasi windows yang diluncurkan oleh Microsoft Corporation pada tanggal 25 Oktober 2001 di Amerika Serikat. Sebelumnya, Microsoft telah meluncurkan Windows versi 5.0 atau yang dikelnal dengan windows 2000, baik itu edisi server atau edisi professional (untuk desktop kantoran ). namun pada kenyataannya sebagian besar penggunanya menggunakan Windows XP Profesional. Nama Xp sendiri, menurut Microsoft merupakan singkatan dari experience, yang artinya windows XP membawa pengalaman baru dalam dunia komputasi, atau setidaknyabegitulah yang diharapkan Microsoft. Perubahan user interface dan tatacara penggunaan memang sangat revolusioner, seperti yang terjadi dari DOS ke Windows 3.0, dan dari windows 3.1 ke Windows 95. Windows Xp sendiri berbasis pada windos NT dan termasuk dalam keluarga NT. Yang termasuk dalam keluarga NT adalah Windows 2000sserver dan windows server 2003, windows 2000 & 2003. keluarga NT, terutama server, memiliki kemampuan yang baik untuk menjadi sebuah server. pada pertengahan 2000-an, Microsoft, perusahaan pembuat system operasi windows, tengah menggarap Windows ME ( Millenium Edition). Namun karena windows ME dianggap kurang sukses menyaingi windows 98. Maka, Microsoft memutuskan untuk ‘mengawinkan’ dua buah system operasi windows tersebut ( sistem operasi berbasis windows NT dan sisem operasi berbasis windows 9x) kedalam sebuah produk yang sekarang ini kita kenal dengan windows Xp .

Experience, itu adalah kepanjangan dari XP pada windows XP. Windows Xp merupakan terusan atau lanjutan dari produk – produk yang dikembangkan oleh Microsoft, yaitu seperti Windows 2000 Professional, Windows Me, dll. Walaupun sekarang telah dirilis produk terbaru dari Microsoft yaitu Windows Vista dan Windows 7, namun para pengguna produk Microsoft meyakini, bahwa performa dari Windows XP masih berada diatas Windows Vista dan WIndows 7. Sehingga tidak sedikit pengguna Windows Vista yang justru Downgrade menjadi Windows XP karena performanya yang lebih tangguh, dibanding Windows 7 atau bahkan Windows Vista.

Windows XP pertama kali di release pada tanggal 25 Oktober 2001, dan sejak dirilis hingga Januari 2006 saja, menurut perkiraan seorang analis, tidak kurang dari 400 juta salinan instalasi digunakan para pengguna Microsoft Windows.Angka yang cukup fantastis untuk penjualan Sistem Operasi hanya dalam kurun waktu kurang dari 5 tahun. Dan diperkirakan angka nya akan terus bertambah hingga saat ini, mengingat banyak nya pengguna komputer yang memakai Sistem Operasi Windows.
 
 
 
 
 

Post a Comment