Keunikan Android


a. Android merupakan Sistem Operasi Mobile Nomor 1 di Dunia

Saat ini Android merupakan sistem operasi nomor 1 di dunia untuk ponsel, setelah sebelumnya dipegang oleh Symbian. Kejadian ini tidak diduga oleh banyak pengamat, terutama ketika Samsung membesut Android sebagai rekan untuk ponselnya. Pada akhir 2011, penjualan produk Samsung untuk seri Android jauh meninggalkan Apple, BlackBerry, dan Nokia. Nokia yang yang menggunakan Symbian, sudah bertahun-tahun menjadi produsen ponsel nomor satu di dunia pun akhirnya harus rela melepaskan tahtanya kepada Samsung dengan Android-nya.

b. Sistem Operasi Android Menggunakan Nama Makanan

Pada dasarnya nama sistem operasi Android pada setiap versinya merupakan nama makanan, terutama makanan penutup. Contohnya adalah Cupcake (android1.5), Donut (Android 1.6), Eclair (Android 2.1), Froyo (Android 2. 2), Gingerbread (Android 2 .3), Honeycomb(Android 3 .0) , Ice Cream (Android 2.4). Honey Comb merupakan sistem operasi yang dikhususkan untuk tablet, sehingga tidak ada ponsel yang menggunakan sistem operasi ini secara resmi. Setiap peningkatan versi dari versi sebelumnya, Android selalu memiliki fitur baru yang tentunya menggoda para pengguna Android untuk mencoba versi Android terbaru.

c. Memiliki Pasar Pribadi

Pasar di sini bukan berarti sebuah tempat berjualan sayuran atau daging seperti di kehidupan sehari-hari. Pasar di sini berarti adalah sebuah wadah untuk menampung aplikasi yang sudah dikembangkan oleh para pengembang, yang disebut dengan Play Store. Para pengguna Android dapat mengunduh aplikasi dari Play Store, baik itu aplikasi berbayar atau pun berbayar. Jumlah aplikasi Android saat ini sudah mencapai lebih dari 250 ribu aplikasi. Jumlah aplikasi ini terus bertambah dengan semakin banyaknya pengembang yang ikut mengembangkan aplikasi untuk Android.

d. Android Memiliki Pertumbuhan Tercepat

Sistem Operasi Android tumbuh dengan cepat. Dalam 1 tahun terakhir ini saja, pertumbuhan Android sudah mencapai 861%. Sistem operasi miliki Google tumbuh dengan cepat dan di luar dugaan banyak orang. Berbagai jenis pemasaran dan pengembangan yang begitu rapi dan terencana membuat Android berkembang secara cepat dan tak terduga. Bahkan menurut data Google di bulan Desember 2011, ada 700 ribu ponsel Android yang diaktivasi setiap harinya. Padahal menurut data PBB, angka kelahiran bayi di seluruh dunia hanya sekitar 300 ribu per harinya, sudah lebih dari dua kalinya. Benar benar sangat mengagumkan. (irwan, 2012)

Executive Chairman Google Eric Schmidt mengatakan baru baru ini bahwa ada 1,3 juta aktivasi perangkat Android setiap harinya. Executive Chairman Google Eric Schmidt mengatakan saat ini ada 1,3 juta aktivasi perangkat Android setiap harinya. Namun angka tersebut dinilai belum cukup memuaskan sang raksasa internet. Biro riset IDC memperkirakan, Android masih akan memimpin setidaknya empat tahun ke depan atau 2016. Menurut data IDC, pangsa pasar Android saat ini secara global adalah 63,8%. Posisi kedua masih akan ditempati iOS besutan Apple yang saat ini punya pangsa pasar 18,8%.

e. Android Berdiri Sendiri pada Awalnya

Mungkin masih banyak yang tidak tahu, bahwa sebenarnya Android pada awalnya berdiri sendiri dengan nama Android Inc. Kemudian Android dibeli oleh Google untuk dikembangkan. Salah satu cara untuk mengembangkannya adalah dengan mendirikan Open Headset Alliance yang terdiri dari banyak perusahaan dari seluruh dunia.

f. Presiden Amerika, Barrack Obama Menggunakan Android

Barrack Obama sebagai orang nomor satu di Amerika Serikat pun mengganti BlackBerry miliknya dengan Android. Alasannya adalah Android memiliki keamanan yang jauh lebih baik daripada BlackBerry. Obama mengatakan bahwa akan ada rencana untuk melengkapi Angkatan Darat Amerika Serikat dengan ponsel pintar dan mengganti teknologi di kantor kepresidenan dari penggunaan BlackBerry menuju Android.

Post a Comment