Pengertian Revolusi Hijau dan Industrialisasi

Revolusi Hijau adalah istilah untuk perubahan secara cepat dalam bidang pertanian ( yang dapat berupa peralatan pertanian, cara bercocok tanam, perubahan rotasi tanaman, atau sistem pengairan. ) dari tradisional ke modern dengan peran ilmu pengetahuan dan tekhnologi dalam upaya meningkatkan produksi pangan.

Revolusi hijau atau Revolusi Agraria di tandai makin berkurangnya ketergantungan petani pada cuaca dan alam. Pengertian ini merujuk juga pada sebuah kondisi dimana para pakar tekhnologi pertanian melakukan persilangan (breeding) antar jenis tanaman tertentu sehingga menghasilkan jenis tanaman unggul yang mempunyai ciri ; berumur pendek, memberikan hasil produksi berlipat ganda, dan mudah beradaptasi dalam lingkungan apapun. Asal memenuhi syarat, antara lain :

a.) Tersedia cukup air
b.) Pemupukan teratur
c.) Tersedia bahan kimia pemberantas hama dan penyakit serta pemberantas rerumputan pengganggu.

Sedangkan industrialisasi adalah suatu proses modernisasi dan perubahan sosial ekonomi yang mengubah sistem pencaharian masyarakat agraris menjadi masyarakat industri, dimana
masyarakat berfokus pada ekonomi yang meliputi pekerjaan yang semakin beragam, gaji, dan penghasilan yang semakin tinggi.



Post a Comment