Sejarah Asal Mula Tasawuf

Tasawuf dalam Islam, menurut ahli sejarah, sebagai ilmu yang berdiri sendiri, lahir sekitar abad ke 2 atau awal abad ke 3 Hijriyah. Pembicaraan para ahli tentang lahirnya tasawuf lebih banyak menyoroti faktor-faktor yang mendorong kelahiran tasawuf. Faktor-Faktor tersebut dibedakan menjadi dua, yaitu:

Faktor Ekstern

  • Tasawuf lahir karena pengaruh dari paham Kristen yang menjauhi dunia dan hidup mengasingkan diri.
  • Tasawuf lahir atas pengaruh nirwana. Menurut ajaran Buddha bahwa seseorang meninggalkan dunia dan melakukann kontemplasi.
  • Tasawuf lahir karena pengaruh ajaran Hinduisme yang medorong manusia meninggalkan dunia dan berupaya mendekatkan diri kepada Tuhan.

Faktor Intern

Sebagian ahli menekankan faktor intern. Menurut mereka, lahirnya tasawuf Islam dilatarbelakangi oleh faktor-faktor yang ada dalam Islam itu sendiri, bukan pengaruh dari luar. Faktor-faktor intern ditemukan dalam Al-Qur’an, Al-Hadist, dan perilaku Nabi Muhammad Saw. Allah berfirman dalam QS Al-Baqarah 2:186 Artinya: dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya aku adalah dekat. aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.



sumber

Post a Comment