Analisis Cerita Anak

Kata analisis berarti penyelidikan terhadap sesuatu. Menganalisis cerita anak-anak cukup dengan memahami unsur-unsur cerita terutama dalam hal bagaimana gaya dan sudut pandang yang digunakan pengarang dalam bercerita.

Analisis tentang tema bertujuan tuntuk mengetahui tema atau gagasan dasar yang disampaikan oleh pengarang. Analisis tokoh sekaligus penokohannya harus dicermati dari karakter para tokoh dan perannya dalam cerita tersebut. Latar atau setting dapat dianalisis melalui tempat kejadian setiap peristiwa yang digambarkan dalam cerita tersebut. Alur seperti yang telah diketahui adalah jalinan peristiwa yang diuntai oleh pengarang menjadi cerita yang utuh. Melalui alur dan gaya cerita yang digunakan pengarang, akan tampak jelas bagaimana kepandaian pengarang dalam menuangkan ide atau gagasan melalui cerita. Sudut pandang diaan atau akuan dipilih pengarang berdasarkan tujuan pengarang dalam bercerita.

Pada hakikatnya unsur-unsur cerita tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Tidak ada salah satu unsur cerita yang lebih penting dari unsur yang lainnya. Semuanya saling mendukung untuk mencapai keutuhan sebuah cerita.

Post a Comment