Komponen Brainware


Komponen Brainware pada umumnya dibagi dalam beberapa bagian, yaitu :

1. Operator

Operator Komputer bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti instruksi yang ditetapkan dalam runbook yang telah disusun oleh Programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar Operator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selama program itu berjalan.

2. Teknisi

Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang Teknisi harus mempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dan sebagainya.

Teknisi memiliki beberapa spesialisasi tergantung dari bidang yang di dalami yaitu:
  • Network Engineer, adalah orang yang merancang teknik-teknik baru dalam bidang neworking. Dia bertanggungjawab untuk mengembangkan metode-metode baru dalam menghasilkan sesuatu yang berguna untuk bidang networking.
  • Hardware Engineer, adalah orang yang bertanggungjawab untuk mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah hardware, sehingga muncul sebuah produk baru dengan teknologi yang lebih baik dari sebelumnya.
  • Software Engineer, adalah orang yang bertanggungjawab untuk mengembangkan metode dan teknik-teknik baru dalam pembuatan sebuah software (aplikasi, driver, maupun sistem operasi).
3.Trainer

Trainer adalah seorang Brainware yang mempunyai pengetahuan lebih banyak di banding lainnya, dan Brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya.

4. Konsultan

Konsultan adalah Brainware yang bertanggung jawab layaknya seorang penasehat handal di dalam bidangnya.

5. Project Manager

Project Manager adalah Brainware yang bertanggung jawab sebagai pemimpin atau komandan di suatu project tertentu. Sering disebut juga Mandor di proyek pembangunan.

6. Programmer

Programmer adalah seseorang yang bertugas membuat aplikasi komputer yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman seperti bahasa C, Pascal, Java, dll sehingga dapat memudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya Programmer juga bisa dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.

7. Graphic Designer

Graphic Designer seorang Brainware yang berkecimpung di dunia Design Grafis dan mahir dalam hal-hal berbau desain grafis serta membuat suatu objek animasi.

8. Spesialis Jaringan

Spesialis Jaringan adalah seorang Brainware yang sudah mahir di dalam dunia Jaringan Komputer. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer.

9. Database Administrator

Database Administrator, adalah orang yang mengelola sebuah sistem database di dalam suatu sistem tertentu.

10. System Analis

System Analis adalah Brainware yang bertanggung jawab untuk mendesain, merancang dan menganalisa suatu program yang akan dibuat maupun sudah jadi. Merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. Seorang sistem analis harus memiliki setidaknya empat keahlian : analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain). Kemampuan analisis memungkinkan seorang sistem analis untuk memahami perilaku organisasi beserta fungsi-fungsinya, pemahaman tersebut akan membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik serta menganalisis penyelesaian permasalahan. Keahlian teknis akan membantu seorang sistem analis untuk memahami potensi dan keterbatasan dari teknologi informasi. Dan seorang sistem analis harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, sistem operasi, serta perangkat keras yang digunakan. Keahlian manajerial akan membantu seorang sistem analis untuk mengelola proyek, sumber daya, risiko, dan perubahan. Keahlian interpersonal akan membantu system analyst dalam berinteraksi dengan pengguna akhir sebagaimana halnya dengan programer, administrator dan profesi sistem lainnya.

11. System Administrator

System Administrator, adalah orang yang bertugas untuk mengelola sebuah sistem komputer yang dirancang oleh System Analist dan dibuat oleh Programmer.

12 Database Engineer

Database Engineer, adalah orang yang merancang sebuah sistem database, sehingga sistem ini dapat mengakomodir kebutuhan pengelolaan data, baik saat ini maupun saat akan datang.

13 System Integrator

System Integrator, adalah orang yang membangun sistem komputer yang telah dirancang oleh System Analyst dan mengintegrasikan sistem yang ada dengan sistem yang mungkin akan dibangun di kemudian hari.

14. Network Designer

Network Designer, adalah orang yang merancang sebuah sistem jaringan komputer untuk menghasilkan sebuah jaringan komputer yang efektif dan efisien dalam hal performa pertukaran data dan beban pengeluaran untuk membangunnya.

15 System Auditor

System Auditor, dan orang yang bertugas mengaudit sebuah sisem komputerisasi dan menemukan kelemahan-kelemahan sebuah sistem komputerisasi, sehingga hasil audit tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan sistem yang ada menjadi lebih sempurna lagi.

16. User

User, pemakai atau pengguna dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).



gambar

Post a Comment