Perbedaan Iklan dengan Promosi Penjualan

 Perbedaan Iklan dengan Promosi Penjualan

Periklanan
Promosi penjuaan
    ·         Iklan atau Advertising, adalah kegiatan untuk mengumumkan keberadaan sebuah product atau business kepada publik, sebagai bagian dari kegiatan untuk menaikkan angka penjualan
    ·         menawarkan suatu produk kepada konsumen dengan cara mengemukakan alasan supaya membeli.
    ·         Berupaya untuk mengkomunikasikan pesan penjualan.
    ·         Seringkali digunakan untuk membangun citra merk produk.
    ·         Senantiasa menambahkan nilai persepsi pada suatu merk.
    ·         Dari segi aksinya, periklanan umumnya lebih baik digunakan dalam membangun kesadaran (awareness) akan merk, dan dalam memposition merk diantara para pesaingnya.
    ·         Hasilnya tidak bias diukur secara pasti
    • menciptakan citra
    • berdasarkan pada daya tarik emosional
    • menambah nilai yang tidak berwujud rasional
    • memberi kontribusi yang moderat pada barang atau jasa
    ·         Adanya pemberian incentive atau rewards untuk merangsang pasar bergerak dan bertindak (membeli) product yang di kampanyekan dalam ajang promosi tersebut saat itu juga.
    ·         Promosi selalu menggunakan rewards dan limited offers (penawaran dalam kondisi terbatas)
    ·         Promosi memberikan hadiah bagi semua orang yang mau membeli product yang dipromosikan tersebut saat itu juga atau dalam tenggang waktu masa promosi.
    ·         Promosi  selalu ada Tenggang waktu yang diberlakukan sebagai alat stressing bagi kegiatan tersebut
    ·         Menambahkan nilai sebenarnya dalam upaya menciptakan penjualan.
    ·         Promosi lebih kuat dalam menstimulasi pembelian produk baru, dan jauh lebih efektif dalam mengembangkan distribusi suatu produk, serta membantu membujuk konsumen untuk ‘menyetok’ merk tertentu.
    • menciptakan tindakan segera
    • berdasarkan pada daya tarik barang atau jasa
    • menambah nilai nyata produk pada profitabilitas perusahaan
    • memberi kontribusi yang besar pada profitabilitas perusahaan





Gambar
Sumber

Post a Comment