PENGERTIAN BAHASA PEMROGRAMAN

PENGERTIAN BAHASA PEMROGRAMAN
Bahasa pemrograman adalah suatu istilah yang menjelaskan bahasa yang dapat dipahami oleh komputer. Dalam dunia perkomputeran dikenal dua jenis bahasa pemrograman, yaitu bahasa pemrograman tingkat tinggi dan bahasa pemrograman tingkat rendah.

Sebuah bahasa pemrograman atau bahasa komputer di artikan sebagai teknik komunikasi yang sudah distandarisasi untuk menyatakan instruksi-instruksi kepada komputer. Bahasa pemrograman adalah kesatuan aturan sintaksis dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan sebuah program.

Sebuah bahasa pemrograman memungkinkan seorang programmer untuk memutuskan secara tepat apa yang harus dilakukan oleh komputer pada saat itu, cara mengatur alur transfer data, input-output, dan kegiatan-kegiatan lains yang harus dilakukan dalam berbagai keadaan.

Bahasa pemrograman tingkat rendah merupakan bahasa pemrograman yang sulit dimengerti oleh manusia, sedangkan bahasa pemrograman tingkat tinggi lebih mudah dipahami oleh manusia. Contoh dari bahasa pemrograman tingkat rendah adalah Assembly, dan contoh bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah C dan Pascal.




Post a Comment