BAHASA PEMROGRAMAN JAVA

BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Bahasa pemrograman java adalah teknologi yang pertama kali diperkenalkan oleh Sun Microsystems sekitar tahun 1990an. Menurut definisi dari Sun, Java adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat luinak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan. Banyak orang menyebut Java sebagai sebuah teknologi dibanding hanya sebuah bahasa pemrograman. Teknologi Java memiliki tiga komponen penting yang menopang Java itu sendiri, yaitu :

1. Programming-language specification
2. Application-programming interface
3. Virtual-machine specification

Bahasa Java bisa dikategorikan sebagai bahasa pemrograman berorientasi objek, pemrograman terdistribusi dan bahasa pemrograman multithrreaded . Objek Java dispesifikkan dengan membentuk kelas-kelas. Untuk masing-masing kelas Java, kompiler Java mengeluarkan sebuah file keluaran arsitektur netral yang akan berjalan pada berbagai implementasi dari Java Virtual Machine (JVM). 

Pada awalnya Java sangat digemari oleh para programmer, karena Java mendukung untuk applets , dimana program dengan akses sumber daya terbatas dapat berjalan dalam sebuah web browser. Java juga mampu menyediakan dukungan level tingkat tinggi untuk networking dan objek terdistribusi. Java juga dianggap sebagai sebuah bahasa yang mempunyai tingkat keamanan yang tinggi. Tampilan ini pada khususnya hanya menganggap bahwa sebuah program Java bisa mengeksekusi sebuah jaringan terdistribusi. Bahasa Java pada jaman ini termasuk bahasa pemrograman yang relatif mudah untuk dipelajari karena banyaknya contoh dan konsep yang beredar luas, baik berupa buku panduan belajar java maupun yang sudah dipublikasikan di internet. Tetapi program yang dibuat dalam bahasa Java juga relatif lebih banyak membutuhkan waktu saat di eksekusi (lebih lama), hal ini dikarenakan untuk menjalankan programnya dibutuhkan JVM (perantara antar program dan sistem operasi).





Post a Comment