Produk merupakan salah satu aspek penting dalam variabel marketing
mix, produk juga merupakan salah satu variabel yang menentukan dalam kegiatan
suatu usaha. Tanpa produk, suatu perusahaan tidak dapat melakukan kegiatan
untuk mencapai hasil yang diharapkan.
Banyaknya pesaing dalam dunia bisnis memerlukan suatu bentuk produk
yang berbeda satu sama lainnya. Produk suatu perusahaan haruslah memiliki suatu
keunggulan ataupun kelebihan dibandingkan produk yang dihasilkan perusahaan
lain, dalam hal ini perusahaan pesaing.
Suatu produk tidak dapat dilepaskan dari pemuasan kebutuhan dan
keinginan konsumen. Suatu produk juga tidak dapat dikatakan memiliki nilai jual
jika produk tersebut tidak menarik bagi konsumen untuk mendapatkan gambaran
jelas mengenai produk tersebut, para ahli mempunyai gambaran tentang definisi
produk itu.
Produk memiliki pengertian yang luas yaitu segala sesuatu yang
ditawarkan, dimilki, digunakan, atau dikonsumsikan sehingga dapat memuaskan
keinginan dan kebutuhan termasuk didalamnya adalah fisik, jasa, orang, tempat,
organisasi serta gagasan.
Kotler (2002:3):
Sedangkan pengertian produk itu
sendiri menurut Djaslim Saladin dan
Yevis Marty Oesman (2002:71) terbagi
dalam beberapa pengertian, yaitu
Pengertian
Produk adalah:
- Dalam pengertian sempitnya, produk adalah sekumpulan sifat-sifat fisik dan kimia yang berwujud yang dihimpun dalam suatu bentuk yang serupa dan yang telah dikenal.
- Dalam pemgertian secara luas, produk adalah sekelompok sifat-sifat yang berwujud (tangible) dan tidak berwujud (intangible) yang didalamnya sudah tercakup warna, harga, kemasan, prestise pabrik, prestise pengecer dan pelayanan yang diberikan produsen dan pengecer yang dapat diterima konsumen sebagai kepuasan yang ditawarkan terhadap keinginan atau kebutuhan konsumen.
- Secara umumnya, produk itu diartikan secara ringkas sebagai segala sesuatu yang dapat memenuhi dan memuaskan kebutuhan atau keinginan manusia, baik yang berwujud maupun tidak berwujud.
sumber
gambar
Post a Comment