Prinsip – Prinsip Pembuatan Tipe Benar – Salah


Petunjuk penyusunan :

1. Tulislah huruf B / S pada permulaan masing – masing item dengan maksud mempermudah mengerjakan dan menilai ( skoring )

2. Kalimat yang dipergunakan untuk menyatakan isi item harus dirumuskan secara jelas dan tegas sehingga isi item tersebut jelas – jelas mempunyai arti tunggal yakni benar atau salah.

3. Kalimat yang dipergunakan untuk menyatakan suatu item jangan disajikan terlalu panjang, karena uraian yang terlalu panjang kebanyakan mengarah ke jawaban yang benar dan sebaliknya.

4. Hindarilah pernyataan negatif atau pun pernyataan negatif ganda dalam suatu item seperti tidak, bukan tidak. Karena penggunaan pernyataan negatif atau negatif ganda dalam suatu item menuntut perhatian ekstra dari siswa untuk dapat memahami isi item tersebut. Apabila tuntutan ini tidak dipenuhi, maka kemungkinan besar akan menjawab salah.

5. Usahakan agar jumlah butir soal yang harus dijawab B sama dengan butir soal yang dijawab S dalam hal ini hendaknya pola jawaban tidak bersifat teratur misalnya : B – S – B - S – B – S atau SS-BB-BB-SS.

6. Hindari item yang masih bisa diperdebatkan :
Contoh : B-S. Kekayaan lebih penting dari kepandaian.

7. Hindarilah pertanyaan – pertanyaan yang persis dengan buku.

8. Hindarilah kata – kata yang sifatnya mutlak, seperti selalu, semua, tidak pernah, mesti, dsb, sebab item yang mengandung kata – kata tersebut cenderung merupakan suatu item yang jawabannya salah . sebaliknya penggunaan kata – kata yang sifatnya relatif, seperti barangkali, kadang – kadang, biasanya, mungkin dsb seringkali merupakan tanda bahwa item yang bersangkutan adalah benar.


sumber

Post a Comment