Kamera Mirrorless

Di Jaman sekarang kamera sudah tidak asing lagi, kita bisa menemui kamera dimana saja seperti di Handphone, Smarphone, Tablet, dan lainnya. nah saya akan membahas tentang kamera "Mirrorless" mungkin sudah tidak asing lagi di sebagian orang. sedikit pengertian tentang Mirrorless "Kamera Mirrorless adalah kamera yang pada dasarnya sama seperti kamera DSLR tapi tidak memakai cermin. Mirrorless mempunyai banyak nama lain seperti Mirrorless Interchangeable-Lens Camera (MILC), Compact System Camera(CSC), Mirrorless System Camera (MSC), Digital Single Lens Mirrorless (DSLM)."

Cara Kerja 

Cara Kerja Kamera Mirrorless yaitu dengan cahaya yang masuk langsung diterima sensor tanpa dipantulkan cermin dan ditampilkan di electronic viewfinder dengan kata lain "Live View".

Lensa

Terdapat banyak lensa DSLR yang kompatibel dengan mirrorless tapi biasa dibutuhkan adapter mount

Desain

Umumnya kamera mirrorless mempunyai bentuk yang ringkas dengan desain yang simple tapi ada juga yang menggunakan desain "jadul" misalnya fujifilm yang mendesain mirrorlessnya lebih ke desain "jadul" untuk mengingatkan kembali kemasa-masa yang telah lalu. 

Kelebihan

kelebihan yang menonjol dari Mirrorless mungkin hanya di ukuran yang relatif kecil dan mempunyai bobot yang ringan untuk hasil jepretan tidak jauh berbeda dengan kamera DSLR tergantung dari Level Mirrorless itu sendiri dan tidak lepas dari siapa dibalik kamera itu. Tapi karena mirrorless seperti kamera compact maka pada sebagian kamera mempunyai banyak fitur, misalnya terdapat wi-fi, layar touchscreen, video full HD, dan mode-mode seperti panorama, firework, dll.

Kekurangan

Terdapat banyak kekurangan seperti batre yang tidak tahan lama, lensa mirrorles yang masih sedikit tapi sebagian bisa menggunakan lensa DSLR yang sudah ada, hasil gambar yang kadang tidak sesuai dengan yang di tampilkan layar kamera.


dibawah ini beberapa kamera Mirrorless

Leica M
Olympus OMD dan PEN
Panasonic G
Canon Eos M
Samsung NX
Sony NEX
Nikon 1
Pentax Q dan K
Fujifilm X




Post a Comment