Mencegah Hacking di Jaringan Nirkabel


Berikut ini merupakan tips untuk mencegah hacking terhadap jaringan nirkabel yang Anda miliki, yaitu:

1. Perencanaan Penempatan Atena
Perencanaan penempatan atena merupakan hal yang harus anda perhatikan. Tempatkan antena pada daerah yang para penghuninya memang membutuhkan akses internet saja. Jangan menempatkan antena diluar jalur akses agar orang luar tidak dapat menyadap sinyal wi-fi.

2. Gunakan WEP
Singkatan Wired Equivalent Privacy atau juga sering disebut dengan Wireless Encryption Protocol adalah protocol keamanan untuk jaringan wireless 802.11.WEP. protocol ini dimaksudkan untuk memberikan perlindungan berupa enkripsi data yang dibawa oleh sinyal radio.

3. Ubah SSID
Service set ID (SSID) adalah suatu string atau nama yang digunakan untuk mendefenisikan suatu domain roaming dalam suatu Access Point (AP). SSID yang berbeda pada beberapa Access Point bisa memungkinkan suatu jaringan Wireless network yang saling tumpah tindih. Walaupun SSID ini tidak merupakan salah satu layer dari system keamanan, nama SSID harus tetap diubah dari nama bawaan default dari pabrik sehingga orang tidak bisa menduga-duga jaringan wireless anda dengan mudah.

4. Menonaktifkan atau mengubah pengaturan SNMP
Jika jalur akses Anda mendukung SNMP, sebaiknya dinonaktifkan. Jika tidak mengambil langkah ini maka hacker dapat menggunakan SNMP untuk memperoleh informasi penting tentang jaringan wi-fi milik Anda.

Post a Comment