Ringkasan Ceramah Al Ustadzah Ummu Muhammad bin Munzir Al Musawa)-Di Majelis Sholawat Al Habib Abubakar Assegaf, Gresik

💚 Rosulullah ﷺ  Bersabda :

“ من أحب شيء ، أكثر من ذكره “
_“ Barangsiapa yg menyukai sesuatu hal, maka ia akan banyak mengingat hal tersebut. “_

🔸 Dikatakan oleh Rosulullah ﷺ “ Yang paling deket dg ku nanti di hari kiamat, ialah mereka yg paling banyak di dunia bersholawat kepadaku. “

🔹 Akan tetapi kalo kita cinta kepada Rosulullah ﷺ bukan hanya dg bersholawat kepada beliau sebanyak 100x/1000x, *tapi bukti cinta kita kepada Rosulullah ﷺ adalah Ittiba’ kepada Rosulullah ﷺ (yaitu mengikuti Beliau Baginda ﷺ)*

💚 Jika kita cinta pada Rosulullah ﷺ jgn hanya dilisan, hadirkan rasa cinta kita juga dihati kita. Sebagaimana yg disampaikan Sayyidina Al Habib Al Imam Ali bin Muhammad Al Habsyi mengatakan di dalam akhir do’anya pada Maulid Simtudurror :

“ و صلِّ و سلِّم على هذا الجَبِيبِ المَحبُوبِ ◌ لِلأجسَامِ  و لأروَاحِ و القُلُوب  “
_“ Dan limpahkan sholawat dan salam kepada Nabi ini (Nabi Muhammad ﷺ), yang dicintai dan di kasihi ◌ Oleh jasad, ruh, dan jiwa kami. “_

🔸 Ketika kita hadir majlis sholawat seperti ini, apa yg kita inginkan ketika pulang ? Ingin selesai dr masalah, hutang terlunasi, sumpeknya hilang, dsb. itu hanyalah kebutuhan2 dhohir kita, maka sebaiknya kita pulang mengharapkan kebutuhan-kebutuhan bathin kita, kita pulang membawa Rosulullah saw. ke dalam rumah-rumah kita dan ke lingkungan kita.

🔹 Dikatakan bahwasannya :
“ المدد على القدر المشهد” 
_“Sesungguhnya pemberian itu tergantung kepada bagaimana pandangan kita. “_

💚 Mungkin dg kita hadir 1 majlis yg mulia ini, kita datang dg membawa niat yg besar, mengharap rahmat Alloh, mengharap pandangan Alloh, InsyaAlloh membuat kita mendapatkan hidayah Alloh swt. , membuat kita menjadi istiqomah didalam segala kebaikan, dan membuat Alloh dan Rosulullah ﷺ cinta kepada kita.

🔸 Sudahkah jasad kita menunjukkan bahwasannya kita mencintai Rosulullah ﷺ ??? sebagaimana yg di sampaikan oleh Al Imam Ali bin Muhammad Al Habsyi, mereka para salafunassholihan mencintai Rosulullah ﷺ tidak hanya dg hatinya tapi dg jasadnya, dengan menirukan segala yg dilakukan oleh Rosulullah ﷺ didalam kehidupan sehari-hari.

🔹 Kemudian Al Imam Ali bin Muhammad Al Habsyi jg mengatakan bahwasannya beliau mencintai Rosulullah ﷺ dengan ruh mereka.

💚 Sampai dikatakan Rosulullah ﷺ itu seperti magnet(sesuatu yg menarik), coba baca sholawat kalo orang yg hatinya penuh iman hadir ke majlis sholawat maka jiwa dan ruhnya akan tenang dan bakal lupa dg kesusahan dan kesulitan yg dirasakan.

🔸 Kemudian diantara bukti cinta seseorang kepada Rosulullah ﷺ di dalam hati mereka ialah tidak ada satupun yg lebih penting kecuali Rosulullah ﷺ

🔹 Sebagaimana kisah salah satu Shohabiyah (Sahabat dari para wanita) yg mana pada saat itu semua keluarga nya ikut di peperangan Uhud bersama Rosulullah ﷺ Kemudian datang para sahabat ke rumah beliau, untuk mengabarkan bahwasannya, “ telah wafat ayahmu. ” 

lalu beliau menjawab, “ bagaimana kabar Rosulullah ﷺ ? “
kemudian para sahabat datang keesokan hari nya , “ telah wafat pamanmu. “
beliau masih jg menanyakan, “ bagaimana kabar Rosulullah ﷺ ? “
para sahabat lagi kerumah nya, “ kali ini anakmu yg telah wafat. “
dan beliau menanyakan pertanyaan yg sama, “ bagaiamana kabar Rosulullah ﷺ? “
Habis semua keluarganya di dalam peperangan uhud bersama Rosulullah ﷺ
Kemudian salah seorang sahabat mengabarkan, “ Rosulullah ﷺ sehat wal afiat, sebagaimana yg kau inginkan. “
Maka seketika itu beliau menjawab, “ كل هول بعدك جلل يا رسول الله...  “
_*“ Segala musibah setelahmu (setelah kulihat engkau baik2 saja) adalah ringan Wahai Rosulullah.. “*_
Menjadi senang ga ada rasa sedihnya sama sekali.

💓 ❝ Coba perhatikan diri kita, sudah sampai mana cinta kita kepada Rosulullah ﷺ ??? ❞

Post a Comment