Jenis-Jenis Chip



Chip Logic
Merupakan suatu chip yang berfungsi dan bekerja sebagai unit pemroses yang menjalankan perintah-perintah dan melakukan suatu perhitungan. Dalam prosesnya, logic chip ini dibantu oleh memory chip sebagai media penyimpan data yang digunakan pada waktu proses berlangsung
 
Chip memori
Jenis-jenis chip memori yang umum dikenal ada dua, yaitu RAM dan ROM.
  1. Chip RAM(random access memory), chip ini berfungsi untuk menyimpan data dan instruksi program sementara. Terdapat dua macam alat penyimpan, yakni penyimpan primer dan sekunder. Penyimpan primer (primary storage) adalah penyimpan sementara (temporer) saat bekerja dan biasanya disebut pula memori atau memori utama. Sedangkan peyimpanan sekunder (secondary storage) atau cukup disebut penyimpan, merupakan alat penyimpan secara permanen. Memori adalah media penyimpan yang berbentuk chip, sedangkan penyimpan menunjuk pada media semacam disk dan tape. Chip RAM secara temporer menyimpan instruksi perangkat lunak serta data sebelum dan sesudah diproses oleh CPU.
  2. Chip ROM
    (read-only memory), berfungsi untuk menyimpan instruksi start-up yang bersifat tetap. Tidak seperti RAM yang datanya selalu ditambah dan berubah, ROM tidak dapat ditulisi atau dihapus oleh pengguna komputer tanpa alat-alat khusus. Chip ROM khusus berisi instruksi start-up yang sudah ditentukan sebelumnya. Oleh sebab itu, chip ROM diisi oleh pabrik pembuatnya dengan program-program yang berisi instruksi khusus untuk operasi dasar komputer, misalnya untuk menghidupkan komputer (BIOS) atau menampilkan karakter ke layar. Chip ROM isinya tidak akan hilang meskipun komputer tidak lagi dialiri listrik.
Microprocessor
Mesin kecil sebagai pemroses dan pengendali utama proses yang terjadi pada komputer, yang dibuat dalam bentuk chip. Meskipun ukurannya secara fisik tidak terlalu besar, tetapi pemikir utama dari sebuah komputer adalah pada microprocessor ini, dan di sinilah proses utama diolah.



1 komentar:

Post a Comment